Minggu, 10 Mei 2015

Masalah Kesehatan Reproduksi Terbaru

Kesehatan Reproduksi Wanita Tentukan Kesejahteraan Wanita




Masalah yang sering kali dihadapi oleh wanita adalah masalah kesehatan reproduksi wanita. Definisi kesehatan reproduksi wanita adalah sebagai keadaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistim, fungsi-fungsi dan proses reproduksi. Wanita memang sangat rawan akan bahaya pada organ dalam yang sangat vital. Ada banyak kasus penyakit yang sring dialami oleh wanita seperti kanker serviks, tumor, keguguran, perdarahan, serta kemandulan. Dan hal tersebut terkadang dapat menyebabkan kematian. Kesehatan alat reproduksi pada wanita sebagai jaminan akan kualitas organ vital serta kesehatan pribadinya. Dengan alat reproduksi yang sehat maka kualitas sel telur pun juga berpengaruh besar untuk menghasilkan keturunan.

Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Dewasa ini sudah sepantasnya wanita memang diperhatikan karena mereka kaum yang sangat vital dalam kehidupan. Bahkan saat ini ada program khusus yang mendasari akan pentingnya kesehatan reproduksi wanita. Seperti Wanita menghadapi masalah kesehatan khusus yang tidak dihadapi pria berkaitan dengan fungsi reproduksinya, Kesehatan wanita secara langsung mempengaruhi kesehatan anak yang dikandung dan dilahirkan. Kesehatan wanita sering dilupakan dan ia hanya sebagai objek dengan mengatas namakan “pembangunan” seperti program KB, dan pengendalian jumlah penduduk, Masalah kesehatan reproduksi wanita sudah menjadi agenda Intemasional diantaranya Indonesia menyepakati hasil-hasil Konferensi mengenai kesehatan reproduksi dan kependudukan.



Permasalahan Kesehatan Reproduksi Wanita

Adapun masalah kesehatan reproduksi wanita yaitu Jender, adalah peran masing-masing pria dan wanita berdasarkan jenis kelamin menurut budaya yang berbeda-beda. Jender sebagai suatu kontruksi sosial mempengaruhi tingkat kesehatan, dan karena peran jender berbeda dalam konteks cross cultural berarti tingkat kesehatan wanita juga berbeda-beda. Selain itu kemiskinan, pendidikan yang rendah, banyaknya perkawinan di usia muda, kekurangan gizi dan kesehatan yang buruk, serta beban kerja yang berat.

Solusi Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita







Namun permasalahan demikian masih bisa diatas dengan baik misalnya mengadakan penyuluhan terhadap gadis remaja mengenai efek dari kawin muda, setiap wanita perlu memeriksakan kesehatan alat reproduksinya pada dokter, menjaga pola makan dan kebiasaan hidup, serta tidak masuk pada pergaulan sex bebas. Dengan begitu kesehatan reproduksi wanita bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar